Tips Cara Sehat Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Tips Cara Sehat Mengatasi Keputihan Pada Wanita,-Keputihan merupakan masalah yang dihadapi oleh hampir semua wanita. Namun keputihan sendiri ada dua jenis, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis biasanya tidak berbau dan tidak terasa gatal. Sedangkan keputihan patologis baunya busuk dan menyebabkan gatal di sekitar kemaluan.

Nah, jika anda mengalami keputihan patologis yang mengganggu, bisa diatasi dengan ramuan tradisional. Berikut ini kami informasikan bagaimana cara mengatasi keputihan dengan bahan alami.

Ramuan tradisional obat keputihan wanita


Daun senggani segar sebanyak 2 genggam, jahe, dan bengle masing-masing seukuran ibu jari dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Masukkan 3 gelas air dan 1 sendok makan cuka, lalu direbus sampai airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin airnya disaring, lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Daun sirih mengobati keputihanBahan berupa 7 sampai 10 lembar daun sirih. Kemudian direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk membasuh daerah sekitar kemaluan. Gunakan selagi masih hangat.

Mengatasi keputihan dengan kulit buah delimaRebus 30 gram kulit delima kering dan 30 gram herba sambiloto kering dengan satu liter air bersih. Biarkan sampai air rebusannya tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring airnya dan bagi untuk tiga kali minum, pagi, siang, dan malam hari. Air rebusan ini juga bisa digunakan untuk cuci vagina. Khusus wanita yang sudah menikah, gunakan dengan alat semprot yang masuk ke liang vagina.

Cara mengobati keputihanBahan yang dibutuhkan adalah 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa/aren. Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring. Setelah dingin airnya diminum satu kali sehari.

Pacar air, Tanaman pacar air biasa digunakan sebagai tanaman hias yang ditanam di pekarangan. Namun, pacar air juga bisa digunakan untuk pengobatan, salah satunya mengatasi keputihan pada wanita. Caranya, ambil 30-60 gram daun pacar air segar, kemudian direbus dan air rebusannya digunakan untuk membasuh daerah kemaluan.

Bunga Boroco,- Rebus 60 gram bunga boroco ditambah 60 gram daging hingga matang. Air rebusannya diminum dan dagingnya dimakan.

Kembang pukul empat dan pecut kuda, Keputihan bisa juga diobati dengan bunga pukul empat. Ya, bunga yang biasa ditanam di halaman rumah ini bisa digunakan untuk mengobati keputihan. Selain itu, rebusan akar pecut kuda juga bisa dipakai untuk menghilangkan keputihan.

Tanaman pulutan,- Keputihan juga bisa diobati dengan menggunakan tanaman pulutan. Caranya, sediakan 30 - 60 gram akar tanaman pulutan segar kemudian direbus hingga mendidih. Setelah dingin, airnya diminum.

Gejala Keputihan yang ada di sekeliling anda


Keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau putih kelabu dari saluran vagina. Cairan ini dapat encer atau kental, dan kadang-kadang berbusa. Mungkin gejala ini merupakan proses normal sebelum atau sesudah haid pada wanita tertentu.

Pada penderita tertentu, terdapat rasa gatal yang menyertainya. Biasanya keputihan yang normal tidak disertai dengan rasa gatal. Keputihan juga dapat dialami oleh wanita yang terlalu lelah atau yang daya tahan tubuhnya lemah. Sebagian besar cairan tersebut berasal dari leher rahim, walaupun ada yang berasal dari vagina yang terinfeksi, atau alat kelamin luar.

Pada bayi perempuan yang baru lahir, dalam waktu satu hingga sepuluh hari, dari vaginanya dapat keluar cairan akibat pengaruh hormon yang dihasilkan oleh plasenta atau uri.

Gadis muda kadang-kadang juga mengalami keputihan sesaat sebelum masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

Penyebab keputihan secara yang umum terjadi

* Sering memakai tissue saat membasuh bagian kewanitaan, sehabis buang air kecil maupun buang air besar
* Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetis
* Tidak mengganti panty liner
* Membilas vagina dari arah yang salah. Yaitu dari ke arah anus ke arah depan vagina
* Sering bertukar celana dalam/handuk dgn orang lain
* Kurang menjaga kebersihan vagina
* Kelelahan yang amat sangat
* Stress
* Tidak segera mengganti pembalut saat menstruasi
* Memakai sembarang sabun untuk membasuh vagina
* Tidak mejalani pola hidup sehat (makan tidak teratur, tidak pernah olah raga, tidur kurang)
* Tinggal di daerah tropis yang lembap
* Lingkungan sanitasi yang kotor.
* Sering mandi berendam dengan air hangat dan panas. Jamur yang menyebabkan keputihan lebih mungkin tumbuh di kondisi hangat.
* Sering berganti pasangan dalam berhubungan sex
* Kadar gula darah tinggi
* Hormon yang tidak seimbang
* Sering menggaruk vagina

Sedangkan dengan memperhatikan cairan yang keluar, kadang-kadang dapat diketahui penyebab keputihan.
Infeksi kencing nanah, misalnya, menghasilkan cairan kental, bernanah dan berwarna kuning kehijauan.
Parasit Trichomonas Vaginalis menghasilkan banyak cairan, berupa cairan encer berwarna kuning kelabu.
Keputihan yang disertai bau busuk dapat disebabkan oleh kanker.

Cara mengatasi keputihan yang disebabkan jamur


Infeksi atau gatal yang disebabkan oleh jamur atau Kandidiasis adalah infeksi yang mempengaruhi alat kelamin, mulut, kulit, tenggorokan atau darah. Salah satu jenis jamur yang disebut Candida ini sebenarnya sudah ada pada tubuh manusia dalam jumlah kecil dan makin lama semakin berkembang sehingga bisa menyebabkan infeksi jamur. Sedangkan infeksi jamur ini dapat menyebabkan gejala seperti gatal parah dan nyeri, namun tentu saja infeksi ini masih bisa diobati.

Jamur kandida уаnɡ menjadi penyebab penyakit Kandidiasis juga merupakan penyebab timbulnya keputihan pada perempuan, kandidiasis popok pada bayi, dan gatal di bagian tubuh lainnya.

Untυk menghindari infeksi іnі sebaiknya setiap orang perlu menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kelembaban daerah lipatan dengan memberi bedak, memakai pakaian longgar уаnɡ terbuat dаrі bahan kain katun, memakai sendal karet, mengobati hewan peliharaan, serta rutin mengganti baju dаn handuk.

Berikut adalah beberapa solusi sederhana untuk mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh jamur, misalnya keputihan, seperti dilansir Health Me Up, Senin (6/1/2014).

Menghilangka keputihan dengan Yogurt,-  Yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat membantu melawan jamur. Pastikan mengonsumsi yoghurt polos tanpa pemanis. Pasalnya jika Anda mengonsumsi yoghurt dengan ditambah pemanis seperti gula, hanya akan menyebabkan infeksi Anda semkin parah.


Anda dapat mengkonsumsi yogurt tersebut atau menggosok/mengoleskan sekitar satu sendok makan yogurt di sekitar daerah yang terkena untuk mengurangi iritasi dan mengembalikan keseimbangannya. Untuk infeksi jamur vagina, Anda juga bisa mencelupkan dan rendam kain kasa dalam yogurt dan kemudian oleskan pada vagina Anda

Related Posts: